Behind my first novel “Treaty of Past”

Hi✨✨✨

Well, di post-an aku kali ini aku bakal spoil tentang novel pertamaku “Treaty of Past” dari mulai aku nulis sampai isi cerita dari novel ini 🤗

Udah satu tahun lebih setelah novel pertamaku terbit. Aku masih inget rasanya revisi naskah sama editor yang bikin kepalaku pusing, perasaanku yang campur aduk karena dikit banget orang yang tau aku suka nulis, dan beberapa pikiran overthinking yang cukup bikin deg-degan.

Pertama-tama, aku mau kasih intermezo dulu buat yang belum baca. Novel Treaty of Past ini genrenya Romantis-Komedi dengan unsur Supranatural. Ceritanya berawal dari leluhur keluarga Udom dan Sittichai yang punya perjanjian dagang dengan salah satu isi penjanjiannya yaitu harus menikahkan masing-masing keturunan mereka. Sampai akhirnya si tokoh utama, Nathy dan Phana jadi keturunan terakhir yang dinikahkan dan jadi penghabisan dari perjanjian tersebut. Novel ini ceritain gimana kehidupan pernikahan Nathy dan Phana yang penuh dengan roller coster.

Nah, sekarang aku bakal kupas tuntas tentang “Treaty of Past”. Yuk kepoin! 😁

Orang-orang suka tanya ke aku kalo nulis novel tuh berapa lama sih?

Naskah untuk novel ini aku tulis pertama kali bulan April 2018 dan selesai pertengahan Mei 2018. Jadi, sekitar 6 minggu, tapi ini masih naskah RAW yaaa yang paling lama bikin naskah novel itu adalah revisinya (revisi sendiri bukan sama editor ya) kalo versi aku. Jadi, pas kelar nulis aku kayak ulang-ulang baca terus sambil nyesuaiin kalimatnya udah enak didenger atau belum, sama make sure tiap adegan udah logis sama jalan ceritanya. Nah, proses revisinya itu bisa lama banget karena bacanya harus fokus dan in mood wkwk karena aku orangnya rada moody jadi aku revisinya cukup lama nunggu mood aku bagus dulu.

Kenapa pilih genre cerita Romantis-Komedi Supranatural?

Karena ini adalah genre yang aku bangettt🤣 Aku suka banget sama kisah-kisah romantis supranatural atau fantasi. Terus kenapa aku tambahin unsur komedi, karena aku tipe yang gak suka baca cerita yang berat. Aku suka cerita yang ringan, menghibur, dan bikin senyam-senyum sendiri. Nah, kira-kira begitu pas kalian baca novel Treaty of Past ini.

Terus kenapa pilih latar cerita di New York dan Thailand?

Hobiku nonton film, drama, dan series. Mostly, aku nonton film hollywood dan selalu jatuh cinta sama New York. Mimpiku adalah tinggal di New York. Nah, nulis cerita dengan latar kota New York adalah salah satu cara aku melampiaskan kehaluanku 😅Terus tokoh cerita dan latarnya kenapa Thailand? Karena aku juga suka nonton film dan series Thailand yang mana selalu bikin aku ngakak. Cerita film dan series thailand kayak mau seserem atau serius apa pun ada aja yang bikin ketawa. Jadi, balik ke genre yang aku suka kayaknya pas banget kalo tokoh ceritanya pakai latar orang thailand.

Novel Treaty of Past terinspirasi dari apa sih?

Aku gak terinspirasi dari apapun sih waktu nulis naskah ini. Biasanya ide cerita selalu muncul tiba-tiba ketika aku lagi gak mikir 😅 Nah, kalo ide ceritanya udah ketemu aku tinggal develop aja ceritanya. Jadi, aku juga bingung ya terispirasi dari apa.

Terus gimana cara ngebuat tokoh atau karaktek dalam cerita Treaty of Past ini?

Ini adalah rahasia umum penulis fiksi. Mostly mereka akan ngebawa karakater dirinya di dalam cerita. Aku akuin beberapa karakter dalam diri Nathy adalah diri aku tapi Nathy bukan diri aku. Kalo untuk sosok Phana aku gak terinspirasi dari siapapun. Aku cuma buat karakter cowok yang bisa againts sifat-sifatnya Nathy ini supaya mareka balance. Tapi, waktu nulis aku bayangin satu aktor Thailand yang physicly mirip banget sama Phana 🥰

Apa yang mau aku sampaikan dari novel Treaty of Past ini?

Sejujurnya alasan aku nulis fiksi adalah karena aku mau bikin cerita sesuai sama jalan cerita yang aku ingin baca. Jadi, aku nulis cerita ini karena aku mau baca aja cerita kayak gini. Aku gak punya pesan moral khusus untuk disampaikan. Aku cuma mau yang baca novel ini terhibur sama seperti aku.

Kenapa harus baca Treaty of Past?

Ide cerita tentang pernikahan pasangan muda selalu jadi cerita yang banyak disukain orang-orang termasuk aku. Apalagi pasangan yang awalnya saling benci jadi cinta. Emang keliatannya kayak udah banyak cerita kayak gini, tapi kalian harus baca dulu Treaty of Past karena aku bawain cerita Nathy dan Phana dengan gaya yang sangat fresh jadi aku jamin kalian bakal kebawa sama cerita mereka 😁

Nah, segini dulu ya ceritanya tentang novel pertamaku “Treaty of Past”. Semoga di masa depan aku bisa publish novel-novel lainnya yang lebih seru dan menghibur 🤗

Oh iya buat yang mau pesen novelku masih bisa kok langsung aja cek di link di bawah ini yaaa

https://shopee.co.id/product/102676236/2514630961?smtt=0.0.9

https://www.instagram.com/p/BzfcsBigtxT/?igshid=13w27711gws4n

Thank youuuuuuu✨💕


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.